Monday 7 March 2016

CARA MELATIH BURUNG MURAI BATU MUDA

Kali ini kita akan membahas bagaimana trik atau cara melatih burung muarai batu muda yang baru di dapat dari hutan atau di beli dari pasar burung supaya menjai burung juara. adapun cara atau kiat dari para pemain murai sebagai berikut;





1. PROSES BERADAPTASI PADA DAERAH BARU

Burung Murai yang baru kita dapat terlebih dahulu kita tenangkan, bisa menggantungkannya di Pohon atau gantungan khusus didepan rumah, tujuanya agar burung tersebut terlebih dahulu beradaptasi pada tempat barunya, sembari membaikan makanan kesukaan burung murai batu (Kroto, Jangkrik, atau belalang) semua jenis makanan tersebut terdapat di Hutan, hal ini di lakukan agar burung tersebut mudah beradaptasi dengan memberikan makanan yang sering ditemukan burung tersebut di hutan, disamping memberikan makanan, minuman burung tersebut juga kita harus perhatkan, berikanlah minuman yang mengadung vitamin, seperti Vitamin B-kompleks, agar nafsu makan burung murai bertambah. 

Perlu di ketahui pada proses adaptasi ini, burung murai jangan di beri makan por dulu, jangan pula memandikanya, kalau sudah lewat dari dua hari dan setelah burung tersebut sudah tidak gelisah atau sudah terlihat tenang, makanan seperti por dapat diberikan, proses pemandian dan penjemuran juga dapat dilakukan.


2. PROSES PERAWATAN AGAR BURUNG PINTAR

Percaya atau tidak, setiap hewan yang kita peliharan, jika kita rutin merawat dengan baik, hewan tersebut akan mengenali majikanya, demikian juga burung Murai batu, jika burung murai yang kita peroleh berasal dari tankapan liar, pasti burung terebut tidak terbiasa dengan kehadiran manusia disekitarnya, sehingga jika kita dekatin maka burung tersebut akan berontak dan bersikap liar, nah untuk menghindari hal-hal tersebut, langkah mudah yang dapat kita lakukan adalah dengan merat burung tersebut dengan tepat. Pertama tama yang harus dilakukan adalah dengan memandikan burung secara teratur setia harinya, sebagai contoh: mandikanlah burung sekitar jam 9.30. setiap harinya, dan jam 4 sore setiap harinya, dengan melakukan proses yang teratur burung tersebut akan terbiasa mandi pada jam-jam tersebut, ketika memberikan pakan Usahakan makanan kesukaan burung tersebut diberikan langsung, kepada burung.

Proses selanjutnya adalah membunyikan masteran murai, hal ini membawa pengaruh positif pada burung, agar burung tersebut tidak merasa terasing atau kesepian, dengan efek masteran burung tersebut lambatlaun burung akan akan mengikuti iramanya, usahakan masteran murai sesuai dengan asal murai yang kita pelihara, dan simpan atau putarkan masteran murai dari beberapa jenis suara, agar tidak monoton.

pembaca kicau mania yang budiman, semoga artikel  ini berguna dan dapat membatu sobat kicau mania yang ingin mengetahui cara merawat burung murai batu.

No comments:

Post a Comment